LINK FAKULTAS

  • 2
PEMINAT UPN YOGYAKARTA LEBIH BANYAK DARI UNAIR DAN ITB :: dipost pada 17 Maret 2016
smile

UPNVY (08/06/2015) -  Ketua Umum Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) Rochmat Wahab mengatakan peminat Perguruan Tinggi Negeri baru dalam SBMPTN 2015 cenderung tinggi. Salah satunya seperti yang terjadi di Universitas Pembangunan Nasional-Veteran Yogyakarta yang masuk ke dalam peringkat 24 dengan jumlah peminat terbanyak dari 74 PTN yang ada di seluruh Indonesia. 

Salah satu faktor penyebab peminat UPN Veteran Yogyakarta berada di peringkat tersebut dan tercatat mengalahkan Universitas Airlangga yang berada di peringkat 25, dan juga Institut Teknologi Bandung yang berada di urutan 30, disebut Rochmat disebabkan karena tawaran program studi yang terbilang banyak. 
Tercatat, peminat UPN Veteran Yogyakarta mencapai angka 36 ribu, sementara Universitas Airlangga 34 ribu dan ITB 29 ribu peminat. 


"ITB di bawah bukan berarti tidak dikehendaki. Tetapi program studinya tidak banyak. Program studi juga menentukan peminat, karena berapa kuotanya juga menentukan (peminat)," kata Rochmat.

Selain UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jakarta dan Jawa Timur juga tercatat memiliki peminat yang tinggi. Pendaftarnya menyentuh angka 27 ribu dan 21 ribu orang. Panitia SMBPTN menilai hal ini bisa menjadi tren yang baik untuk PTN baru tersebut. Alasannya, universitas yang sudah banyak diminati saat masih menjadi perguruan tinggi swasta, maka akan mengalami peningkatan saat masuk sebagai perguruan tinggi negeri. 

"Ini sangat bagus. Bisa saja perguruan tinggi itu menyalip yang lama," kata pengelola keuangan SBMPTN, Ravik Karsidi. 

Menurut Ravik kondisi ini juga turut memberikan sinyal bahwa upaya pemerintah untuk memperluas cakupan PTN dan meningkatkan daya tampung PTN di Indonesia cukup berhasil. 

"Ini adalah tren yang baik. Bahwa usaha untuk memperluas akses (masyarakat terhadap PTN) ini berhasil," katanya. 

Selain UPN Veteran beberapa perguruan tinggi lainnya yang masuk ke dalam daftar SBMPTN 2015 adalah Universitas Siliwangi, Universitas Singaperbangsa, Universitas Samudra, Universitas Tidar, Universitas Teuku Umar, Universitas Timor, Universitas Sembilan Belas November, Institut Teknologi Kalimantan, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Sulawesi Barat, dan UIN Ar Raniry Aceh.

Untuk PTN yang memiliki peminat paling banyak pada SBMPTN 2015 ini adalah Universitas Padjajaran yang tercatat mendapatkan 85 ribu peminat, Universitas Hasanuddin dengan 75 ribuan peminat, dan Universitas Brawijaya dengan 73 ribu peminat. 

Sedangkan untuk keseluruhan, jumlah peserta SBMPTN tahun ini mencapai angka 693.185. Angka tersebut berarti jumlah peserta mengalami kenaikan sekitar 4,31 persen dari tahun sebelumnya yang menyentuh angka 664.509 peserta. (meg)

Tri Wahyuni, CNN Indonesia

Sumber: http://www.cnnindonesia.com/