LINK FAKULTAS

  • 2
HUT RI, Bendera Raksasa Dibentangkan di Kampus UPN Veteran Yogyakarta :: dipost pada 18 Agustus 2016
smile

Memperingati Hari Kemerdekaan RI, sejumlah Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta membentangkan bendera merah putih raksasa. Butuh waktu 5 jam untuk membentangkan bendera tersebut di atas gedung rektorat.

"Untuk prosesnya kami butuh waktu 5 jam. Mulai tadi malam jam 20.00 WIB," ujar salah satu tim pengibaran bendera Agung Cahyono (21).

Hal ini disampaikan Agung kepada wartawan di kampus UPN Veteran Yogyakarta, Ring Road Utara, Sleman, Rabu (17/8/2016).

Selain Agung, terdapat 6 orang lainnya yang dalam tim ini. Agung bertugas sebagai penjaga jalur di bendera sebelah kiri dan ada Didik Irawan di sebelah kanan bendera.

Koordinator tim Zaini Masyur menjelaskan, bendera tersebut berukuran 26x16 meter. Beratnya mencapai 20 kg dalam kondisi kering.

"Semalam sempat terhenti 1 jam karena hujan. Setelah itu dilanjutkan lagi, tantangannya bendera menjadi lebih berat," kata Zaini.

Tak hanya itu kemiringan bidang yang 90 derajat dan kanopi-kanopi bangunan membuat tantangan tersendiri bagi mereka.

Bendera yang dibentangkan di ketinggian sekitar 30 meter Gedung Sudirman memang tampak dari kejauhan. Zaini mengatakan posisi bendera bisa dilihat oleh pengendara yang melintas di Ring Road Utara.

"Kalau dari pesawat juga kelihatan. Karena di atas gedung ini menjadi jalur perlintasan pesawat. Memang nggak terlihat besar, tapi kelihatan," tuturnya.

Proses pembentangan bendera raksasa ini, kata Zaini, menjadi yang pertama kali dilaksanakan di kampusnya dalam momen Hari Kemerdekaan. Dia berharap kegiatan ini akan berlangsung setiap tahun.

Diwawancara terpisah, Rektor UPN Veteran Yogyakarta Prof Dr Ir Sari Bahagiarti K MSc menjari ungkapan fisik rasa cinta kampusnya kepada Tanah Air dan bela negara.

"Harapannya kita harus semakin bekerja keras mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kemajuan bangsa," kata Sari. 
(sip/try)

 

Sumber : Sukma Indah Permana - detikNews. https://news.detik.com