LINK FAKULTAS

  • 2
Industrial Engineering Conference 2020 :: dipost pada 31 Oktober 2020
smile

Pandemi covid-19 telah membuat perubahan besar pada dunia. Untuk menjaga agar wabah covid-19 tidak menyebar semakin luas, masyarakat dunia dihimbau untuk dapat menjaga jarak dan menghidari kerumunan. Selain itu muncul kebiasaan-kebiasaan baru untuk memutus rantai penyebaran virus ini, seperti mencuci tangan, memakai masker, bekerja dari rumah (work from home), dan lain sebagainya. Era di mana masyarakat beradaptasi untuk mencegah penyebaran virus ini sering disebut dengan era new normal.

Pandemi covid-19 secara langsung berdampak pada segala aspek kehidupan, tidak terkecuali dengan dunia industri. Banyak industri yang mengalami defisit, pengurangan produktivitas dan keuntungan, bahkan harus merumahkan banyak pekerja. Hal ini menimpa tidak hanya industri dengan skala besar, namun juga industri kecil dan menengah.

Teknik industri adalah ilmu yang memiliki cakupan yang sangat luas mulai dari desain, instalasi, dan improvement pada sistem terintegrasi yang terdiri atas manusia, material, informasi, peralatan, dan energi. Disamping itu teknik industri juga merupakan salah satu aspek kehidupan  yang berada dalam arus perubahan yang cepat, yang ikut terkena dampak pandemic covid-19 di era new normal. Bagaimanakah perspektif keilmuan Teknik industri di era new normal?

Industrial Engineering Conference (IEC) 2020 dihadirkan untuk mewadahi peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk saling bertukar pikiran mengenai isu-isu terkini dalam ranah keilmuan teknik industri serta menjadi media untuk saling berbagi mengenai kebutuhan dan kompetensi terkini yang masih bisa ditingkatkan demi menghadapi era new normal. IEC merupakan webinar nasional yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Acara ini diadakan secara daring di Yogyakarta pada tanggal 21 November 2020 dan bertujuan untuk memahami era new normal dalam konteks pendidikan tinggi, sehingga dapat terjalin tukar pikiran mengenai isu-isu yang berkembang di era new normal pada ranah keilmuan teknik industri, serta memacu para peneliti, praktisi, maupun mahasiswa untuk selalu melakukan terobosan-terobosan pada keilmuan Teknik Industri di era new normal.

Industrial Engineering Conference (IEC) 2020 kali ini menghadirkan Dr. Eng Titis Wijayanto, S.T., M.Des. sebagai guest speaker dan Ir. Nur Indrianti, M.T., D.Eng., IPU., ASEAN Eng. sebagai keynote speaker. Dr. Eng Titis Wijayanto, S.T., M.Des. merupakan sekretaris Perhimpunan Ergonomi Indonesia dan seorang dosen di Departemen Teknik Mesin dan  Industri UGM sedangkan Ir. Nur Indrianti, M.T., D.Eng., IPU., ASEAN Eng. adalah seorang dosen di Jurusan Teknik Industri UPN Veteran Yogyakarta.

Peneliti, praktisi, dan mahasiswa juga turut diundang untuk berpartisipasi dalam penulisan makalah dengan berbagai macam scope penelitian. Bagi makalah yang terpilih akan diterbitkan di jurnal OPSI. Tanggal penting yang perlu diperhatikan adalah:

  • 26 Oktober 2020      : Pembukaan registrasi peserta non-pemakalah dan pemakalah
  • 12 November 2020  : Batas akhir penerimaan makalah
  • 16 November 2020  : Pengumuman penerimaan makalah
  • 18 November 2020  : Batas akhir registrasi dan pembayaran
  • 21 November 2020  : Pelaksanaan IEC 2020 secara online/daring

link pendaftaran IEC2020 http://bit.ly/daftarIEC2020

link template makalah IEC2020 http://bit.ly/templateIEC2020

link jurnal OPSI http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi